Kamis, 21 Januari 2010

Pengertian Turbo Cache dan Hyper Memory pada vga

TurboCache

Metode teknologi yang digunakan pada nVIDIA TurboCache memungkinkan sebuah video card untuk menggunakan frame buffer memory, baik yang tersedia pada video card (VRAM) maupun sistem memory yang terinstal pada motherboard (RAM). Hal ini dimungkinkan menggunakan akses  high-bandwidth yang cepat, yang disediakan oleh bus PCI-Express. Dengan bandwidth bidirectional dari PCI Express.

Pengembangan TruboCache ini sendiri ditujukan untuk memberikan  ratio cost/performance yang lebih baik pada sebuah video card. Utamanya dengan mengurangi jumlah memory VRAM yang terpasang pada video card. Diperkenalkan kali pertama saat nVIDIA meluncurkan GeForce 6200. TurboCache Manager (TCM bertugas mengalokasikan jumlah memory yang diperlukan dari system RAM secara dinamis.

Tidak jarang, TurboCache membingungkan untuk kalangan end-user. Di mana end-user kesulitan untuk mengetahui dengan persis jumlah VRAM sebenarnya yang tersedia pada video card. Beberapa produk video card, baik pada produk itu sendiri maupun kemasan pembungkus dan terkadang spesiļ¬  kasi pada situs resmi, hanya memberikan informasi mengenai jumlah memory maksimal, baik VRAM plus maksimum RAM yang dapat dimanfaatkan TurboCache. Sering informasi yang diberikan mengecoh (calon) pembeli, dengan tambahan memory sekitar 16-128 MB, yang akan diakses dari RAM via TurboCache. Belakangan, beberapa produsen video card sudah mulai memberikan informasi yang lebih mudah dimengerti, dengan mencantumkan jumlah total memory VRAM saja.



HyperMemory

Teknologi yang digunakan oleh ATi untuk memanfaatkan RAM pada sistem memory sebagai tambahan framebuffer memory. Hal ini dimungkinkan memanfaatkan kecepatan data transfer yang dimungkinkan, semenjak digunakannya  interface PCI Express.

 Tujuan digunakannya HyperMemory juga untuk menekan ongkos produksi dengan mengurangi jumlah VRAM yang terterpasang pada video card, khususnya pada segmentasi value. Beberapa video card ATi dengan HyperMemory biasanya terlihat dari tambahan nama di bagian belakang, di antaranya seperti HM, LE, dan SE.

Seperti juga pada TurboCache, beberapa produsen juga tidak memberikan informasi sebenarnya tentang jumlah VRAM yang sebenarnya tersedia pada video card. Kebanyakan mengklain memiliki RAM misalnya 512 MB, dengan catatan yang perlu diingat, jumlah memory ini adalah gabungan antara VRAM dan system memory RAM pada motherboard yang diakses dengan HyperMemory.

HyperMemory banyak digunakan selain pada graphic processor untuk desktop PC, juga pada graphic controller Mobility Radeon yang digunakan pada notebook. HyperMemory juga digunakan pada chipset Radeon Express dengan graphic controller yang terintegrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar